Kesehatan

8 Cara Menyantap Buka Puasa Agar Tetap Langsing di Bulan Ramadan

Banyak orang merasa khawatir berat badan akan naik banyak di bulan ramadan. Karena seringkali di Bulan Ramadan ada banyak ajakan buka puasa bersama di luar dan pilihan makanan lebih bervariasi dan banyak, maka tak heran jika orang seringkali susah mengatur pola makan.

Tapi bukan berarti kamu tak bisa menjaga berat badan selama Bulan Ramadan, karena dengan menerapkan sekian hal ini, kamu bisa menjaga berat badan dan tetap langsing di Bulan Ramadan.

1. Kombinasi karbohidrat komplek dan air putih

Awali buka puasa dengan banyak minum air putih. Pilih makanan dengan kandungan karbohidrat kompleks seperti buah-buahan, kurma, kacang hijau, kacang merah atau roti gandum. Mengisi perut dengan makanan tinggi karbohidrat komplek dipadu air putih yang cukup, bukan hanya bisa membuat kenyang lebih lama tapi juga mengurangi makan lebih banyak.

2. Makan Ikan

Jadikan ikan sebagai lauk utama, bukan hanya karena ikan adalah protein hewani yang baik untuk diet, tapi juga rendah lemak, rendah kalori dan kaya nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Makan makanan ikan laut yang tinggi asam lemak omega 3 seperti salmon dan tuna. Bisa juga cumi, udang dan ikan laut lainnya.

3. Daging merah

Lebih baik tidak mengonsumsi daging merah setiap hari karena kandungan lemaknya bisa memicu kolesterol dan kegemukan. Tapi jika daging sapi diolah dengan tidak menggunakan minyak atau dibakar, bisa jadi menu sehat buka puasa.

4. Ganti dengan nasi merah

Kebiasaan makan nasi putih sebaiknya diganti dengan makan nasi merah. Nasi merah lebih rendah kalori, mengandung karbohidrat kompleks dan serat tinggi sehingga sangat baik sebagai menu makan saat diet dan buka puasa.

5. Hindari makanan yang digoreng

Akan lebih baik jika menghindari makanan yang digoreng. Makan gorengan memang enak, gurih dan memuaskan keinginan makan, namun tidak baik untuk kesehatan. Minyak bukan hanya meningkatkan kolesterol dan lemak, tapi juga membuat gemuk.

6. Konsumsi serat

Serat sangat penting untuk menjaga berat badan karena membuat perut kenyang dan mencegahmu makan berlebihan. Kurangi nasi putih dan makanlah makanan tinggi serat seperti dari buah-buahan dan sayuran.

7. Hindari makanan dan minuman bersantan

Makanan bersantan memang menggugah selera tapi juga tinggi lemak yang justru bisa merusak program diet dan membuatmu cepat gemuk. Kurangi atau sebaiknya hindari makan makanan bersantan.

8. Hindari fast food

Ini adalah pilihan terburuk untuk buka puasa. Makanlah makanan yang sehat, bukan makanan cepat saji yang justru tinggi lemak dan natrium yang justru bisa membuatmu gemuk.

Related posts

Leave a Comment