Kesehatan

Beragam Hal Seputar Obat Sakit Perut yang Perlu Anda Ketahui

Anda selalu merasa mual dan muntah? Sudah menggunakan beberapa obat tapi masih belum efektif mengobati rasa mual dan muntah Anda? Jangan khawatir, domperidone memiliki kandungan yang sangat  efektif untuk mengobati perut Anda yang bermasalah. Terbuat dari apakah obat ini dan bagaimana cara mengonsumsinya?

Fungsi Domperidone

Domperidone adalah obat yang bertindak sebagai antagonis selektif perifer dari reseptor dopamin D2 dan D3 yang berfungsi untuk mengobati mual dengan memblokir reseptor di zona pemicu chemoreceptor. Fungsi obat domperidone adalah :

  1. Meringankan gejala gastrointestinal pada penyakit parkinson

Domperidone dapat digunakan untuk meringankan gejala gastrointestinal pada penyakit Parkinson, karena meskipun menghambat reseptor dopamin, obat ini tidak melewati darah yang ada di otak.

  1. Mual dan muntah

Domperidone digunakan untuk mengobati atau mencegah mual dan muntah yang mungkin disebabkan oleh kemoterapi atau gangguan sistem pencernaan.

  1. Gangguan motilitas lambung

Domperidone juga digunakan dalam pengobatan gangguan motilitas lambung yang mungkin termasuk pengosongan lambung yang dipercepat.

Namun meski untuk menyembuhkan masalah yang ada dalam perut, obat ini tidak bisa untuk mengobati luka pada pasien diabetes.

Orang-orang yang Dilarang Meminum Domperidone

Domperidone tidak dianjurkan untuk digunakan pada orang yang memiliki riwayat alergi terhadap obat ini dan domperidone tidak dianjurkan untuk orang-orang dengan penyakit :

  1. Tumor kelenjar hipofisis
  2. tumor kelenjar pituitari.
  3. Penyakit jantung
  4. Domperidone tidak dianjurkan untuk digunakan pada orang yang memiliki penyakit jantung aktif seperti Gagal Jantung Kongestif.

Efek samping mengonsumsi domperidone sendiri adalah :

  1. Pembengkakan wajah, bibir, kelopak mata, lidah, tangan dan kaki
  2. Kesulitan dalam bernafas
  3. Ruam kulit
  4. Kejang
  5. Gangguan irama jantung
  6. Siklus menstruasi terganggu
  7. Nyeri dan nyeri payudara
  8. Mulut kering
  9. Hilangnya libido

Dosis yang dianjurkan adalah 10 mg dan jika  dosis tersebut terlewat, maka tetap lanjutkan dengan dosis dengan jadwal berikutnya pada waktu yang tepat. Dosis tidak boleh dua kali lipat untuk menebus dosis yang terlewat.

Hubungi dokter Anda jika diduga overdosis. Gejala overdosis mungkin termasuk kantuk, agitasi, dan kejang-kejang jika diminum oleh anak-anak.

Related posts

Leave a Comment