Wisata

Pantai Timang, Tempat Memacu Adrenalin di Jogja

Gunung Kidul adalah wilayah Kabupaten di bagian selatan provinsi Jogja. Disebut ‘gunung’ karena topografinya ada di gunung batu kapur dengan jalan berliku naik turun. Sedangkan ‘Kidul’ adalah bahasa Jawa dari arah ‘selatan’. Meskipun cukup jauh dari pusat kota Yogyakarta, daerah ini sudah dikenal dengan berbagai bentuk wisata alamnya. Dari air terjun, waduk, hingga pantai selatan yang luar biasa dengan pasir putih dan ombak besar. Dari semua objek wisata pantai Gunung Kidul, ada pantai dengan atraksi unik dan jalur adrenalin. Sebut saja Pantai Timang.

Anda mungkin pernah mendengar nama-nama pantai populer di Gunung Kidul, seperti Baron, Pantai Kukup, Sundak, Pantai Indrayanti, dan Pantai Pok Tunggal. Nama Pantai Timang sering tidak didengar oleh wisatawan. Anda ingin tahu lebih banyak tentang Pantai Timang? Lihat ulasan lengkapnya di bawah ini. Ciri khas Pantai Timang adalah tidak adanya pemandangan pasir putih dan keindahan laut biru. Ikon tersebut sebenarnya adalah gondola atau kereta gantung yang digunakan untuk menyeberang ke Pulau Timang atau Pulau Watu Panjang. Tidak seperti pulau-pulau lain dalam bentuk tanah dengan banyak pohon, pulau Timang ini hanya berupa bukit batu bulat.

Awalnya Pantai Timang bukan objek wisata karena medannya sebenarnya cukup sulit dan tidak bisa ditransfer dengan kendaraan pribadi pada umumnya. Pantai ini hanyalah pusat mata pencaharian bagi nelayan untuk menemukan lobster. Hewan laut ini dikenal hidup di atas karang dan bebatuan, sehingga menjadi nelayan yang paling penting. Gondola atau kereta gantung kemudian digunakan oleh nelayan sebagai alat transportasi. Seiring waktu, wisatawan menarik kendaraan ini dan penduduk setempat mengambil inisiatif untuk mempromosikannya. Selain itu, popularitas Pulau Timang tumbuh ketika salah satu varian Korea Selatan yang terkenal, Running Man, mengunjungi situs ini dan mengirim dua perwakilan anggotanya untuk mencoba gondola.

Aktivitas menyeberang dengan gondola ini cukup ekstrim, karena tepat di bawahnya terdapat kumpulan air laut biru dengan ombak besar. Ombaknya akan tenang saat cuaca cerah.

Related posts

Leave a Comment