Kesehatan

Seberapa Besar Peluang Bisa Hamil saat Menstruasi?

Sampai sekarang, masih banyak yang belum berani atau enggan untuk berhubungan intim saat haid. Padahal, kemungkinan untuk hamil saat menstruasi itu terbuka lebar. Khususnya untuk Anda yang memiliki siklus menstruasi yang teratur. Pertanyaannya, seberapa besar sih peluang untuk hamil? Berikut penjelasannya.

Pahami Dulu Cara Kerja Menstruasi dan Ovulasi

Fase haid umumnya dimulai saat sudah tiba pada akhir siklus ovulasi. Akibatnya, sel telur yang tidak dibuahi pun keluar bersamaan dengan darah. Mayoritas setiap perempuan itu mengalami periode datang bulan selama 2 sampai dengan 8 hari. Sedangkan ovulasi terjadi pada pertengahan siklus atau waktu yang paling subur di siklus menstruasi.

Jadi, kemungkinan untuk hamil masih besar. Sel telur yang dimiliki oleh setiap perempuan bisa mengalami proses ovulasi selama 24 jam setelah dilepaskan. Apabila tidak dibuahi oleh sperma, maka akan dikeluarkan bersamaan dengan darah sekitar 14 hari kemudian. Jadi jelas, ya kalau menstruasi itu terjadi karena sel telur tidak dibuahi. Sedangkan ovulasi adalah masa siap untuk dibuahi.

Bagaimana Risiko Akibat Berhubungan Intim saat Haid?

Setiap perempuan memiliki siklus menstruasinya masing-masing. Ada yang berlangsung selama 2 hari, 3 hari, 7 hari, atau 8 hari. Alhasil, masa ovulasinya pun berbeda. Kabar baiknya, sperma itu bisa tetap hidup dan aktif meskipun tinggal di dalam rahim selama 3-5 hari. Jadi, masih memiliki kemungkinan besar untuk punya momongan.

Hanya saja, perlu diperhatikan lagi, apakah Anda benar-benar haid atau justru pendarahan. Jika haid yang Anda alami meragukan, silakan cek apakah ada tanda nyeri di payudara, perubahan mood, bercak darah, dan kram perut atau tidak. Khususnya ketika usai melakukan hubungan intim. Umumnya, tanda tersebut terjadi kira-kira 2 pekan usai ovulasi.

Sejauh ini, berhubungan intim saat haid tidak begitu menimbulkan risiko yang berat. Paling banyak dialami itu adanya perasaan tidak nyaman. Wajar, sebab setiap perempuan yang lagi haid itu bawaannya sensitif. Kalau memang tidak mau hamil saat menstruasi, bisa Anda lakukan di lain hari kok. Misalnya 2-3 hari usai haid.

Bagaimana Jika Ragu Melakukan Hubungan Intim saat Haid?

Ya tunda dulu. Toh tidak harus, kan? Kecuali kalau Anda memang ingin buru-buru banget punya momongan. Nah, agar hati lebih lega, sebaiknya konsultasikan ke dokter ahli. Jangan lupa untuk memiliki hubungan baik dulu dengan pasangan. Biar lebih rileks saat menjalankannya.

Kapan Peluang Terkecil untuk Hamil?

Peluang hamil seseorang memang tidak dibatasi oleh waktu. Tapi, ada waktu paling tepat dan ada waktu yang tidak tepat. Para dokter ahli menyarankan untuk berhubungan intim pada saat lagi subur-suburnya. Sedangkan jika berhubungan intim tepat sebelum menstruasi, kemungkinan untuk hamil sangat kecil dibandingkan saat menjelang menstruasi usai.

Memahami peluang untuk hamil saat menstruasi sangat penting karena mempersiapkan diri lebih dini. Jika belum hamil juga, jangan menyerah. Toh masih banyak kesempatan. Tidak hamil cepat, bukan berarti tidak bisa hamil. Jika Anda berhasil hamil, jangan lupa siapkan  beragam kebutuhan sehari-hari hingga melahirkan dengan belanja di Orami.

Related posts

Leave a Comment